Public Speaking Surabaya | Kursus Public Speaking | Training Public Speaking | Tips Presentasi Menarik | Cara Bicara Di Depan Umum Yang Menyenangkan|

Beranda » Tips Presentasi yang Baik » Kursus Public Speaking Surabaya | Tips Menutup Acara

Kursus Public Speaking Surabaya | Tips Menutup Acara

KUNJUNGI WEB RESMI KAMI

Kategori

Kursus Public Speaking Surabaya pada kesempatan kali ini akan memberikan tips bagaimana cara menutup sebuah acara. Ini berdasarkan pengamatan bahwa ternyata tidak sedikit orang yang mahir dalam menyampaikan materi namun kurang mahir disaat menutup acara.

Kursus Public Speaking Surabaya dalam beberapa pengajaran akan memberikan materi kepada peserta, diantaranya adalah bagaimana menutup acara dengan baik dan tepat. Bukan hanya sekadar mengakhiri acara, melainkan dengan harapan materi yang telah disampaikan semakin melekat didalam pikiran pendengar disaat setelah acara ditutup hingga bertahan lama. Karena banyak diantara peserta juga merasa bahwa materi yang telah disampaikan begitu bagus namun disaat acara hendak ditutup malah menjadikan materi semakin tidak jelas.

Oleh sebab itu, sebagai seorang pembicara maka sebaiknya mengetahui tips berikut ini. Dengan harapan dapat menambah pengetahuan dan keahlian dalam teknik cara berbicara yang baik di depan umum. Berikut adalah tips menutup acara.

1. Sebelum menutup acara, alangkah baiknya kita berusaha untuk mengambil fokus pendengar. Hal ini dimaksud agar perhatian para pendengar hanya tertuju kepada pembicara saja, bukan yang lain. Fokus dan perhatian pendengar saat sebelum acara ditutup sangat akan memberi pengaruh melekat atau tidaknya bagi materi yang disampaikan. Dalam berbagai training public speaking hal ini disebut dengan grabbing atau merangkul peserta.

2. Berikan penekanan poin penting kepada para pendengar. Penekanan ini berupa kalimat yang kita anggap sebagai inti dari materi yang kita sampaikan. Ulangi berkali-kali penekanan kalimat tersebut. Mungkin dapat dilakukan dengan kemasan pertanyaan, pernyataan atau cerita bahkan video. Ini dilakukan agar poin penting dari materi yang telah kita sampaikan benar-benar melekat pada pendengar. Cara berbicara di depan umum yang seperti ini sangat efisien untuk siapapun dan dalam kondisi bagaimanapun.

3. Bentuk suasana dinamika dalam menyimpulkan materi yang telah disajikan. Maksudnya adalah kesimpulan yang akan dibuat bukanlah semata harus dari pembicara saja, melainkan dari peserta sendiri yang menyimpulkan. Maka dari itu buatlah dinamika agar pendengar juga merasa turut terlibat. Misalkan dengan cara bertanya satu per satu kepada pendengar tentang apa saja yang dapat mereka simpulkan dari apa yang telah disampaikan. Ini akan menjadikan pendengar lebih aktif serta memberi dampak yang lebih berkesan bagi mereka. Dalam berbagai pelatihan public speaking teknik ini sering digunakan.

4. Selanjutnya tutuplah acara dengan mengucapkan terimakasi kepada para pendengar dan mohon maaf atas segala kesalahan. Sebutkan nama pihak-pihak yang hadir dan sapa mereka dengan hangat. Akhiri forum dengan salam yang semangat atau dengan menayangkan video yang menarik. Ini akan memberikan efek yang mendalam lagi bagi para pendengar dan pernah kami temukan dalam public speaking bandung beberapa waktu yang lalu.

Demikianlah tips menutup acara. Kami persembahkan bagi Anda yang komitmen untuk terus belajar dan berkarya. Akan kami jabarkan dalam tulisan-tulisan berikutnya atau ikut serta dalam training public speaking yang akan kami laksanakan nantinya. Selamat belajar, selamat menikmati.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: