Public Speaking Surabaya | Kursus Public Speaking | Training Public Speaking | Tips Presentasi Menarik | Cara Bicara Di Depan Umum Yang Menyenangkan|

Beranda » Tips Presentasi yang Baik » Public Speaking Surabaya | Cara Membuka Acara

Public Speaking Surabaya | Cara Membuka Acara

KUNJUNGI WEB RESMI KAMI

Kategori

Public Speaking Surabaya kini mencoba memberikan beberapa tips yang dibutuhkan pembaca. Kali ini kami akan berbagi mengenai cara membuka acara. Ternyata, masih banyak pembaca sekalian yang masih merasa belum tahu atau tidak mengerti bagaimana cara yang tepat dan baik untuk membuka sebuah acara. Mari simak terus tips-tips berikut yang kami sajikan hanya untuk pembaca semua, semoga bermanfaat.

Public Speaking Surabaya sering mencermati, bahwa banyak sekali seorang pembicara saat membuka sebuah acara dengan begitu-begitu saja. Ada juga pembicara yang malah tanpa ada ‘pendahuluan’ kemudian masuk ke dalam sebuah acara langsung begitu saja. Namun ada juga pembicara yang lihai dan mahir membuka acara hingga memberikan kesan yang mempesona bagi para pendengarnya.

Pada prinsipnya, seseorang yang akan membuka presentasi atau sebuah acara adalah layaknya seperti seorang tuan rumah membuka pintu bagi tamunya. Tuan rumah yang telah menunggu kedatangan tamu yang dinanti-nantinya. Saat tamu mengetuk pintu, tuan rumah dengan wajah ceria dan tangan terbuka menyambut kedatangan mereka. Bagaimana perasaan tamu ketika disambut demikian? Tentu tamu juga merasa senang dan sangat bahagia disambut dengan ceria.

Begitu pula hal nya dengan membuka acara. Kesan pertama begitu sangat memberi pengaruh bagi suasana acara selanjutnya. Oleh sebab itu, sebelum memasuki acara inti, hal-hal berikut mungkin dapat digunakan untuk membuka acara:

1. Ucapkan salam kepada para pendengar, salam yang hangat dan penuh keakraban. Langkah ini merupakan cara berbicara yang baik pada awal pembukaan yang diharapkan selalu mendapat berkah dari sang ilahi. Karena salam merupakan do’a.

2. Tanyakan bagaimana kabar peserta dan sampaikan bahwa Anda begitu bahagia dapat bertemu kembali dengan mereka. Sebagaimana saat kita menyambut tamu yang telah lama ditunggu. Ini juga akan memberikan kesan positif dalam presentasi yang menarik.

3. Berikan sedikit cerita atau berita yang berkaitan dengan materi yang akan Anda sampaikan. Cara ini akan sedikit banyak memberikan respon fokus dari peserta yang didapat oleh pembicara. Apalagi bila kita dapat memberikan cerita atau berita yang berkaitan langsung oleh pendengar. Bila cerita kita tepat mengenai sasaran maka ini akan menjadi presentasi yang menyenangkan bagi pendengar.

4. Sampaikan maksud tujuan yang akan Anda sampaikan agar acara berjalan lancar. Beritahu bahwa pembahasan ini sangat penting dan butuh perhatian dari para pendengar. Pinta pendengar untuk tetap fokus sampai presentasi selesai.

5. Selama Anda menjalani proses tips diatas lakukanlah dengan wajah tersenyum dan ceria hingga masuk pada materi utama dan selesai. Sebagaimana jargon sebuah iklan parfum sebagai cara menjual barangnya mengatakan “pandangan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah Anda”.

Begitulah kira-kira tips dan cara membuka acara. Cukup simpel kan? Semoga teman-teman dapat menjalankannya dengan lancar hingga acara berjalan dengan sukses dan barokah. Selamat menikmati.


1 Komentar

  1. indimaretia mengatakan:

    trima kasih ilmunya🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: